iseng-iseng

Dear guysss....

Aiiisssttttttt........ guyyysss ??? gak apa-apalah ya sok-sok gaul dikit...hehehehe

Bingung banget kemaren pengen beli cemilan tapi males keluar, huuuffttt... beeeuuhhhh depok panasnya kaya apa ? ampe berkeringat-keringatlah pokoknya dan bisa bikin kulit kering. akhirnya kepikiran dah resep anak kost bikin cemilan sederhana dan alakadarnya dari bahan-bahan yang ada aja. hehehe tapi di jamin dah ketagihan sama camilan yang satu ini. cemilan ini kalo di indramayu, namanya pilus. tapi kalian pasti bingung dah klo pilus panjang-panjang ya...? 

Ya begitulah pilus indramayu. kan biasanya kalo disini pilus tuh bulet-bulet. hehehe apalah penting sebuah bentuk ? yang penting rasanya dan lumayan aja buat cemilan anak kostan kaya akyuu.... hehehe..

Tak lama-lama cuuss lah aku langsung ngambil bahan-bahan yang ada aja , kaya blue band, tepung terigu, telur, sama gula pasir.
dah deh bahannya itu aja. ya aku coba-coba aja bikin pilus kaya mamah di rumah . dengan bahan yang cuma kaya gitu dan gak lengkap.

Tak banyak cincong saya pun langsung membuatnya. pertama saya siapkan dulu bahannya, 2 butir telor, 1/4 tepung terigu, sepuluh sendok makan gula pasir dan 3 sendok makan blue band. setelah itu saya kocok telur dan gula pasir secara bersamaan dicampur jadi satu sampai kalis dan berbusa. kemudian setelah itu (end then ) saya masukkan tepung terigu pada baskom dan masukkan blue band ke dalam tepung terigu dan diaduk sampe rata. setelah itu barulah saya campurkan telor dan gula pasir yang telah di kocok kalis. tapi jangan sekali gus ya.....

Setelah itu uleni adonan sampe adonan dapat dibentuk. lalu jika adonan sudah bisa di bentukkk. bualatkan adonan menjadi beberapa bulatan, ini option ya... bisa juga langsing dipipihkan sampe pipih . tapi bisa juga sesuai selera...

Lalu setelah itu saya iris-iris memanjang. agar adonan tidak nempel. dan beri sedikit minyak saat menguleni. dan agar adonan juga saat setelah diiris memanjang tidak saling menempel maka berilah sedikit tepung pada adonan yang sudah di iris pemanjang tadi.

Kalau sudah selesai. mulailah kita untuk menggorengnya. minyaknya yang agak banyak ya... agar bisa tercelup seluruhnya, kemudian goyang-goyangkan dengan spatula agar dapat terpisah. kalau sudah sedikit kecoklatan angkat dan tiriskan.

Catatan : jangan terlalu coklat saat mengangkatnya dari wajan karna saat sudah dingin adonan bisa terlihat lebih coklat. kalau enggak, bisa gosng ... hehehe

Dijamin dah makanan yang satu ini bisa jadi teman untuk santai anda.  di jamin yuuuummmy.
selamat mencoba : ) : )  

2 komentar